Memilih Ranjang untuk Bayi? Ini Dia Kriterianya!

Tags: , , , , , ,

Memilih Ranjang untuk Bayi? Ini Dia Kriterianya!

Bayi yang baru lahir memang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menaruh si kecil di perlengkapan bayi berupa ranjang, ada baiknya memilih ranjang yang tepat. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk ranjang yang aman dan nyaman bagi si kecil. Ini dia kriterianya!

  1. Jarak antara Bilah Satu dan yang Lain Tak Terlalu Jauh

Kriteria ranjang atau boks bayi yang aman adalah jarak antara bilah satu dengan bilah yang lain tidak terlalu jauh. Jarak aman untuk bilah ini adalah 6 sentimeter saja. Baiknya, tidak lebih dari itu. Hal ini bertujuan agar kepala bayi tidak terselip atau malah terperangkap di sana. Ini bisa saja terjadi ketika si kecil sudah bisa menelungkup.

  1. Bilah Tempat Tidur Harus Kukuh

Hindarilah memilih tempat tidur bayi yang bisa dinaik dan turunkan. Sebab, tempat tidur bayi yang seperti ini seringkali memiliki risiko eror yang besar. Salah satunya adalah kesalahan ketika merakitnya atau kesalahan desainnya. Jika salah, bayi Anda bisa saja terselip atau terjatuh ketika pegangannya tak kukuh atau tiba-tiba bisa turun karena kesalahan teknis.

  1. Kualitas Bahan dan Material Tempat Tidur

Lalu, untuk kualitas dan material dari tempat tidur tersebut. Perhatikanlah baut, sekrup, paku dan bahan material lain tempat tidur Anda. Pastikan semuanya terpasang kencang agar tempat tidur tersebut bisa berdiri dengan kukuh. Usahakan membeli yang baru saja untuk jaminan kualitas dan demi keselamatan bayi Anda.

  1. Matras Khusus Bayi

Pada perlengkapan bayi tempat tidur ini, pastikan matras yang digunakan adalah matras khusus bayi yang kukuh dan keras. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya SIDS atau sindorm kematian mendadak pada bayi. Matras khusus ini juga berguna untuk menopang tulang punggung bayi. Hindari matras yang empuk karena ini sebenarnya berbahaya.

Selain itu, ketika memasang matras pada ranjang bayi, pastikan tak ada celah sedikitpun antara matras dengan bilah pembatas. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan bayi Anda. Pastikan juga Anda melepas plastika pembungkusnya sebelum memasang matras.

  1. Hindari Barang Lembut

Orang tua identiknya memberikan barang lembut untuk bayi seperti selimut lembut, sprei lembut hingga bantal dan boneka berbulu halus. Mulai sekarang, jauhkan semua hal itu dari tempat tidur bayi. Sebab, hal ini bisa memicu SIDS atau sindrom kematian mendadak bayi karena bisa membuat bayi kesulitan bernapas dan berisiko menutup wajah bayi.

Sudah tahu apa saja kriteria dari ranjang yang baik untuk si kecil? Jadi, ketika Anda memilih perlengkapan bayi berupa ranjang ini, pastikan ranjang tersebut memenuhinya. Tujuannya tentu saja untuk membuat si kecil nyaman dan aman selama tidur. Ada baiknya, Anda pilih tempat tidur yang memenuhi standar SNI sehingga lebih terjaga.

shares