Khasiat Bawang Putih

3 Khasiat Bawang Putih bagi Kesehatan serta Cara Memanfaatkannya

Selain dapat membuat makanan menjadi lebih enak, ternyata bawang putih juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jika digunakan dengan benar, bawang putih akan sangat berguna untuk mengatasi masalah kesehatan. Oleh sebab itu, berikut ulasan singkat tentang khasiat bawang putih serta cara memanfaatkannya.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Bawang putih memiliki berbagai kandungan yang sangat berguna untuk tubuh, mulai dari nutrisi, vitamin, mineral hingga antioksidan. Namun, senyawa yang memiliki manfaat paling besar pada bawang putih adalah allicin. Senyawa ini akan terbentuk ketika bawang putih terpotong atau terkoyak.

Allicin memiliki sifat anti-bakteri dan anti-radang, sehingga memiliki manifestasi klinis yang besar, seperti mengatasi sakit gigi, radang tenggorokan, batuk, pilek, meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular hingga mencegah kanker.

Berbagai manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara memakan bawang putih mentah secara rutin. Ketika bawang putih terkoyak oleh gigi, senyawa allicin akan keluar dan terserap oleh tubuh. Jika bosan atau tidak tahan terhadap aromanya, Anda juga menggunakan bawang putih yang sudah dimasak, tapi tentu khasiatnya tidak sebaik  yang mentah.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa makanan yang memiliki aroma menyengat ini memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan allicin pada bawang putih, dengan sifat anti-bakteri dan anti-radangnya dapat membantu menghilangkan jerawat, iritasi, kurap, kudis dan masalah kulit lainnya.

Selain itu, bawang putih juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu membuat kulit tampak lebih merona, baik kulit tubuh maupun wajah. Bahkan, bawang putih dapat menyamarkan bekas luka yang kerap kali menjadi masalah bagi para wanita.

Khasiat bawang putih tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bagian kulit yang bermasalah. Anda juga bisa membuat masker dari bawang putih dengan tambahan bahan lainnya.

Menjaga Kesehatan Rambut

Bawang putih juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium, sulfur dan zinc yang dapat membantu menyuburkan rambut. Bawang putih juga memiliki kandungan allicin yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan kulit kepala. Tidak hanya bakteri, kutu rambut pun bisa dihilangkan dengan bumbu masakan satu ini.

Tak sampai disitu, kandungan selenium dan vitamin C pada bawang putih dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit kepala. Alhasil, rambut akan menjadi kuat dan lebat.

Cara menggunakanya, cukup campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak, lalu aplikasikan pada kulit kepala sambil melakukan pijatan lembut selama beberapa saat. Setelah itu, biarkan beberapa menit sebelum dibilas dengan menggunakan sampo dan air hangat.

Nah, itulah beberapa khasiat bawang putih bagi kesehatan serta cara memanfaatkannya. Bawang putih memiliki aroma yang menyengat, oleh sebab itu pastikan membersihkan dengan baik setelah menggunakannya pada kulit atau rambut. Jumlah bawang putih yang boleh dikonsumsi sekitar 1—4 siung per hari, jika terlalu banyak dapat menyebabkan mulas.

shares