3 Hal Penting yang Dipertimbangkan Buat Kamar Mandi Minimalis

3 Hal Penting yang Dipertimbangkan Buat Kamar Mandi Minimalis

Dalam menentukan desain kamar mandi ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan agar bisa mendapatkan kamar mandi minimalis. Anda bisa merundingkan hal ini dengan desainer interior atau pun arsitektur yang digunakan. Tujuannya untuk mendapatkan kamar mandi yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

  1. Lokasi dan Luas

Pertama sekali yang perlu dipertimbangkan dengan matang adalah lokasi pembuatan kamar mandi. Dibuat di dalam kamar mandi atau pun di dekat ruangan dapur. Terpenting adalah alokasi air bisa dilakukan dengan mudah ke kamar mandi. Sambil menentukan lokasi Anda perlu mempertimbangkan luas yang akan digunakan untuk kamar mandi.

Hal ini perlu pembuatan sketsa kasar agar mendapatkan gambaran yang lebih detail. Terutama untuk menentukan posisi pintu dari kamar mandi dan arah terbukanya pintu akan dibuat ke dalam atau ke luar. Dari pertimbangan pembuatan pintu kamar mandi ini lah baru Anda bisa menentukan desain kamar mandi bagian dalam.

Jika dibuat di bagian dapur maka kamar mandi dapat dibuat dengan space yang lebih besar dibandingkan membuat kamar mandi di dalam kamar. Anda bisa mempertimbangkan hal ini dari segi penggunaannya nanti. Otomatis jika membuatnya di dalam kamar Anda perlu membuat kamar mandi yang ada di luar juga untuk digunakan anggota keluarga lain atau pun tamu.

  1. Furnitur yang Digunakan

Setelah mengambil keputusan menentukan luas kamar mandi dan lokasinya, selanjutnya adalah mempertimbangkan furnitur yang akan digunakan. Anda dapat memilih ukuran dan bentuk bak mandi yang cocok dengan desain kamar mandi minimalis.

Pilihannya bisa berbentuk bulat atau pun sepertiga lingkaran yang ideal di letakkan pada sudut dinding yang otomatis tidak memakan tempat. Kemudian pertimbangkan tipe pintu yang akan digunakan agar sesuai dengan konsep minimalis yang diinginkan.

Jika ukuran kamar mandi sangat kecil yaitu 1×2 Anda bisa memilih pintu yang tahan terkena air seperti pintu alumanium atau pun pintu kaca. Anda dapat memilih dari cara membuka pintu dengan cara digeser, dilipat, dan didorong seperti biasanya.

Pertimbangkan pula bentuk pembuangan air yang akan digunakan apakah akan memakai yang duduk atau pun jongkok. Bentuk ini bisa Anda tetapkan sesuai dengan kebutuhan dan space dari ruangan kamar mandi yang akan digunakan.

  1. Desain Lantai dan Dinding

Bagian dari kamar mandi akan dinilai secara keseluruhan dengan lantai dan bagian dindingnya. Anda perlu memilih material yang awet dan tahan lama untuk digunakan agar tidak perlu melakukan perbaikan karena kerusakan yang terlalu sering.

Kamar mandi yang awet digunakan dengan membuat bagian lantai dan tembok kamar mandi dengan menggunakan keramik. Bagian tembok bisa Anda buat setengah keramik setengahnya lagi cukup dengan menggunakan cat. Pastikan cat yang dipilih anti air agar tidak mudah terkelupas. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan perawatan saat membersihkannya.

Material dari keramik pun tahan terkena air sehingga tidak perlu melakukan penggantian. Anda tinggal memilih keramik yang berkualitas dan pastikan tidak licin saat terkena air. Anda bisa mempertimbangkan jenis dari keramik yang akan digunakan dengan biaya yang tersedia.

Desain kamar mandi perlu disesuaikan dengan luas yang tersedia. Tentukan dengan hati-hati furnitur yang akan digunakan pada kamar mandi minimalis. Kesalahan dalam pemilihan akan membuat penggunaan dan peletakannya tidak sesuai dengan desain yang dinginkan. Penggunaan jenis lampu dan cat juga menjadi pertimbangan penting dalam membuat kamar mandi.  

shares